0 6 Hal Dasar yang Dilakukan Pengguna Android Pintar



OS besutan Google kini tengah tengah melanda, berbagai konten dan fitur menarik tersedia terbukti mampu menyihir jutaan pengguna dalam waktu relatif singkat. Bagi Veroholic yang termasuk atau berminat untuk menjadi salah satu di antaranya, berikut beberapa hal atau tips yang berguna untuk memulai memaksimalkan fungsi smartphone Robot Hijau Kamu tersebut.


1. Memiliki akun Google
Android adalah sistem operasi milik Google, jadi Kamu membutuhkan akun Google (atau Gmail) untuk menggunakan banyak fitur di smartphone Android Kamu. Jika belum memilikinya, Kamu bisa langsung membuatnya langsung di ponsel.

Saat pertama kali mengakses beberapa fitur yang terhubung dengan Google seperti Android Market, Kamu akan langsung menemukan pilihan untuk membuat akun Gmail (email Google).

Proses pembuatan email cukup mudah, kamu hanya tinggal mengisi beberapa informasi data diri yang diminta serta nama akun beserta password pilihan Kamu. Sedangkan jika Kamu sudah memilikinya, cukup memasukkan nama akun (tanpa perlu embel-embel @gmail.com) dan password untuk mendaftarkan smartphone Kamu dengan server Google.


2. Berlangganan data plan
Setelah terhubung ke server Google, smartphone Kamu akan terus menerus menggunakan data untuk mencari update berbagai aplikasi termasuk Facebook dan email yang masuk. Ini tentu akan menguras pulsa sangat cepat dan banyak bahkan tanpa Kamu sadari.

Solusinya, langganan paket internet yang disediakan operator Kamu. Operator biasanya memberikan pilihan berdasarkan waktu (harian/mingguan/bulanan) dan besaran data. Untuk mudahnya ambil saja paket yang perbulan.


3. Unduh aplikasi dengan rating tinggi
Ratusan ribu aplikasi gratis di Android Market adalah salah satu daya tarik utama OS Android, tapi ingat bahwa tak semuanya cocok untuk smartphone dan kebutuhan Kamu. Jadi, perhatikan rating dan yang terdapat di tiap aplikasi (ditunjukkan dengan logo bintang).

Semakin banyak bintang biasanya semakin bagus, meski beberapa pengguna "iseng" yang memberi rating rendah akan membuat bintangnya tidak sampai penuh. Selain itu baca juga reviews/ulasan pengguna yang sudah menggunakan aplikasi tersebut. Karena banyak aplikasi malware yang terdapat di android market, jadi jangan coba-coba kecuali kalau kalau kamu ingin mengambil resiko.


4. Underclock agar baterai irit
Sebenarnya lumrah jika smartphone Android boros dalam memakai daya baterai, namun hal ini bukan tak dapat diakali. Beberapa smartphone memiliki fitur underclock yang dapat langsung diakses dari menu, untuk menurunkan kecepatan prosesor. Misal sebelumnya berjalan di kecepatan 1Ghz, setelah di-underclock menjadi 800 Mhz.

Tak perlu khawatir ponsel akan berkurang drastis kinerjanya, karena saat Kamu tidak sedang menjalankan aplikasi berat seperti bermain game atau menggunakan GPS, fitur yang satu ini merupakan jurus jitu untuk menghemat baterai.


5. Lindungi ponsel dari tangan jahil
Smartphone Android bisa dipastikan memiliki layar sentuh, sehingga Kamu bisa menggunakan fungsi kunci layar dengan menggambar gestur (pola) tertentu ataupun dengan kata sandi untuk melindunginya dari tangan jahil.

Fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan, submenu Lokasi & Pengaman, lalu pilih Tetapkan Kunci Layar. Di sini Kamu bisa tentukan sendiri jenis pengamanan yang bisa Kamu gunakan. Jika terasa kurang, Kamu bisa mengunduh aplikasi pengamanan tambahan dari Android Market.


6. Kunjungi situs dan forum yang mengulas tentang ponsel dengan merek yang Kamu miliki
Sering-seringlah mengunjungi situs atau forum yang membahas mengenai Android. Hampir setiap hari ada update baru, entah itu aplikasi maupun berbagai tips seputar ponsel Kamu.

Beberapa situs atau forum juga kerap menjelaskan troubleshooting berbagai masalah yang kerap terjadi pada ponsel Android. Mengingat tiap merek memiliki ciri khas tersendiri, kami sarankan Kamu mengunjungi forum yang ditujukan khusus bagi merek ponsel Android yang Kamu miliki.

Keenam hal/tips di atas merupakan petunjuk dasar bagi Kamu yang baru pertama kali atau belum lama menggunakan ponsel Android. Jadi jangan ragu untuk terus mencoba dan bereksperimen dengan smartphone Android Kamu!


0 komentar:

Poskan Komentar