0 Shortcut Windows 7 yang rusak akibat Malware

Laptop anda pernah mengalami tampilan seperti ini.

ini contoh laptop yang terkena malware. .


Malware yang telah menginfeksi laptop Anda adalah malware yang mengeksploitasi lubang keamanan (vulnerability) yang terdapat dalam Windows. Ya, salah satunya adalah Vobfus dan CPLLNK. Mereka akan merusak cara Windows menangani file shortcut (semua berkas berekstensi *.LNK), dan mengubah segala segalanya agar setiap kali kita membuka file shortcut, malah akan menjalankan berkas virus.


Memang, solusi agar masalah ini selesai secara tuntas adalah dengan instalasi ulang beserta dengan patch terhadap vulnerability tersebut. Tapi, bila memang Anda hendak membereskan masalah ini sendiri tanpa harus instalasi ulang, maka yang harus Anda lakukan adalah mereparasi registry Windows yang dirusak oleh virus/malware tersebut. Tentu saja, Anda sebelumnya harus membersihkan malware yang menginfeksi laptop Anda. 


ini cara lain selain instalasi ulang : 



1. Buka Registry Editor secara Elevated Mode, dengan cara menekan Start –> ketik “REGEDT32.EXE“, lalu klik kanan pada entri yang ditemukan, dan pilih Run As Administrator.


2. Buka Notepad atau editor teks lainnya, dan salin/tempel teks berikut ini ke dalamnya. Simpan dengan menggunakan ekstensi .reg.
ini hortcode nya :
 langsung download aja jika malas membuatnya ..
download regedit



Catatan: Sumber bentuk ekspor registry di atas, saya menggunakan sistem Windows 7 yang masih bersih dari malware. Anda pun bisa mengekspornya dari sana.


3. Pada jendela Registry Editor, pilih menu File –> Import, dan cari berkas .REG yang tadi Anda simpan.


4. Restart komputer Anda.















Bila cara diatas tidak berhasil jalan satu satunya adalah instalasi ulang. .











0 komentar:

Posting Komentar